Beranda Bisnis Online Syair Imam Syafii Cerpen Blogger Cirebon Youtube

DEDALI KAPETAKAN CIREBON

Sebuah Dusun cantilan yang terletak jauh dari jalan raya dimana masyarakatnya sangat senang bergotong royong tepatnya Dusun dedali adalah bagian dari desa kapetakan yakni salah satu desa di kecamatan kapetakan kabupaten cirebon. bisa dilihat melalui google maps disini....
etos pemikiran masyarakat sangat praktis dimana masih cinta terhadap kultur daerah mayoritas masyarakat bekerja sebagi buruh tani, masyarakat dusun dedali dikenal masyarakat yang klasik dan pragmatis (tidak mau repot dalam memahami hal) sangatlah rukunn dan damai..
dusun yang yang dihuni sekitar kurang-lebih 1500 jiwa ini memiliki identitas bahasa cirebon yang bertempo sangat kerap (ngomonge balap) istilah bahasa cerbonnya,,,
sarana umum yang dimiliki dusun dedali antara lain Masjid jami', Madrasah Diniyah, Madrasah Ibtidiyyah, Madrasah Tsanawiyah, Bali Dusun, dan berdiri beberapa Mushollah tempat ibadah mereka masyarakat dusun dedali.
masyarakat masih tergolong awam dan ekonominya bisa dikatakan menengah bawah sebagian masyarakat masyarat bekerja sebagai TKI di Timur tengah, Tukang Becak, Tukang Ojeg, dan Kuli Bangunan, tahap pendidikan masih dikatakan rendah hanya diuntungkan didaerah tersebut berdiri suatu sekolah islam yang berbadan hukum yayasan yakni Yayasan Pendidikan Islam Darurrohman yang berdiri sejak tahun 1999 dan sejak saat itu hanya berdiri madrasah diniyah,
di tahun 2005 YPI Darurrohman Membuat lembaga Pendidikan yang beroperasi dalam naungan kemenag serta dibuka program Paket A, B dan C.. kemudian ditahun 2007 berdiri madrasah Ibtidaiyah setinggakt SD.. dan ditahun 2008berdiri MTs SA Darurrohman yang memperoleh dana hibah bantuan dari AIBEP australia..
kemajuan pendidikan yang bergerak di dusun dedali bisa dikatakan pesat dikarenakan masuk dalam kriteria pendidikan agama.. deawan gurupun didatangkan dari luar daerah dan mayoritas lulusan pondok pesantren Salaf..

masyarakat dusun dedali yang ramai dan senang bergotong royong membuat segala sesuatu hajat pendidikan tercapai.. dengan pola pikir yang sederhana kemudian dipelopori para ilmuan luar daerah yag datang membuat pendidikan anak dusun dedali tak ada yang putus sekolah meskipun dalam jenjang MTs namun tak sedikit yang melanjutkan ke tingkat berikutnya..

warga yang bekerja sebagai TKI di luat Negeri merupakan salah satu solusi praktis untuk memperkuat penambahan ekonomi mereka serta membuat rumah-rumah yang mereka tempati yang dulu hanya berlapiskan pagar bambu sekarang sudah permanen.. dan hampir dalam angka 60% rumah mereka permanen.. berkat para TKI yang mengadu nasib disana..

dengan latar belakang pendidikan terbatas serta skil yang terbatas pula mereka bersaing diera modernisasi seperti sekarang ini...


0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..