Beranda Bisnis Online Syair Imam Syafii Cerpen Blogger Cirebon Youtube

Pengertian Haid

Haid merupakan kodrat yang dialami oleh wanita sebagaimana telah dibahas sebelumnya tentang haid pada wanita dan dalilnya, haid disebut juga mentruasi secara bahasa haid artinya mengalir dan menurut istilah dalam arti syar'iyah merupakan darah yang mengalir atau keluar dari klamin wanita di usia baligh dalam penemuan Imam Syafi'i disebutkan minimal yakni umur 9 (sembilan) tahun kurang dari 16 hari kurang sedikit usia 8 tahun 11 bulan dan 14 hari lebih sedikit, proses pengeluarannyapun secara proses alamiah bukan karena melahirkan atau peyakit pada rahim, atau terkena sesuatu. jika tidak seca proses alamiah maka bukan dinamakan haid. 

Umumnya wanita mengalami masa mentruasi pada setiap bulannyasecara contineu hingga pada masa tidak keluarnya haid (menopause), tetapi akan terjadi dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi haid diusia senja, sebab dalam keluar haid tidak mengenal batas usia maksimal pada perempuan, haid yang merupakan darah kotor, mentruasi atau datang bulan adalah reproduksi psikologi pada wanita yang dipengaruhi oleh hormon, siklus haid rata-rata sekitar 28 hari secara umum meskipun terkadang sampai 21 s/d 30 hari, tidak semua wanita mengalami siklus yang sama.

Dalam hukum Islam apabila wanita mengeluarkan darah haid pertama secara proses alamiah seperti diatas maka sudah dihukumi baligh, dengan demikian wanita dihukumi fardu 'ain untuk belajar yang berhubungan dengan haid, karena akan berkaitan dengan tingkah iabadah yang dilakukan sehari0hari yang didalamnya berisikan tentang sebab batal, sah nya dalam melakukan ibadah, dan kepada laki-laki mempelajari haid dihukumi fardu kifayah sebab kelak akan menjadi seorang suami, ayah yang memiliki anak perempuan, atau pemuka agama yang banyak hal mempertanyakan tentang masalah tersebut (haid).

Dengan dihukuminya bligh berarti segala sesuatu yang berkaitan dengan amaliah ibadah akan di jatuh dan ditanggung pada seorang yang sudah baligh. Berikut gambar siklus haid pad wanita :

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..