Beranda Bisnis Online Syair Imam Syafii Cerpen Blogger Cirebon Youtube

Soal dan Jawaban | Bahsul Masail Tentang Sholat



1. Sebatas mana tertawa yang dapat membatalkan sholat ?
Jawab : ketika mengeluarkan dua huruf atau lebih ,atau satu huruf yang  dapat di faham
Ref : al- bayjuri awwal
﴿قوله : ولقهقهة  ﴾....ومحل البطلان بها ان ظهر بها حرفان فااكثراوحرف مفهم فالبطلان فيها من جهة الكللام المستملة عليه          

2. Syahkah sholatnya orang yang menelan air ludah, yang terasa manis karena habis makan permen ?
Jawab : tidak syah
Ref : al –bayjuri awwal hal 267.
قوله : ﴿او قلايلا﴾ ولو من الريق المختلط بغير,ةلة ولو كان بفمه سكرة مثلا فذابت فبلع دونها فبطلت صلاته

3. Masbuk tertinggal tertinggal satu  roka’atnya imam ,kemudian ketika imam salam ,ia pun  mengikutinya ,akan tetapi setelah salam, masbuk teringat bahwa ia masih kurang satu roka’at, apa yang sebaiknya masbuk lakukan ?
Jawab : ketika masa ingat dari salam belum lama ,makamasbuk langsung berdiri untuk menyempurnakan roka’at yang tertinggal ,dan di sunnahkan sujud syahwi
Ref : fathul qorib hal 138 .
او ذكره بعد السلام والزمان قريب ,اتي به وبني عليه ما بقي من الصلاة وسجد السهو

4. Ani melakukan sholat maghrib ,ketika selesai sholat ,ani mengetahui kalau di tangannya masih terdapat cat .bagaimana hukum sholatnya ani ?
Jawab : tidak syah.karena wudlunya ani tidak syah ,di karenakan ada mani’ yang menghalangi sampainya air pada kulit
Ref : fathul mu’in . juz awwal hal 45.
ورابعها ان لايكون علي العضو حا ئل بين الماء والمغسول  

5. Ketika fahmi menjalankan sholat ,tiba-tiba kejatuhan kotoran cicak ,batalkah sholatnya fahmi  ?
Jawab : tafshil .
- batal , apabila tidak lansung di buang ﴾di kipatke ﴿
- tidak batal ,apabila najis tersebut  langsung di buang tanpa memegang 
Ref : tausyih ibnu qosim  hal 33.
قوله :﴿ولو وقع علي ثوبه ﴾ او بدنه نجا سة يابسة اورطبة فنفض ثوبه او نزعه من غير قبض ولا حمل , او غسلها بصب الماء عليها , او غمس محلها في ماء كثير عنده حالا اى قبل مضي اقل الطماء نينه لم تبطل صلاته 

6. setelah sholat Apa alasan di makruhkannya melakukan sholat ashar dan shubuh ?
Jawab : karena melakukan sholat di waktu tersebut seolah-olah bersujud kepada syaitan
Ref : al –bayjuri awwal hal 282-283.
قوله :﴿ لا يصلي فيها ﴾ ....وقدجاء في الحديث : ان الشمش تطلع ومعها قرن الشيطان فاءذا استوت قا رنها...ليكون الساجد لها كالساجد له

7. Bagaimana hukum melakukan sholat witir dua kali dalam satu malam pada waktu yang berbeda? Misalnya tiga roka’at setelah ba’diyyah ‘isya, dan satu roka’at setelah shalat malam ?
Jawab : sholat witir yang di lakukan setelah sholat malam tidak syah ,karena tidak boleh melakukan sholat witir dua kali dalam satu malam
Ref : al –bayjuri awwal hal 200 .
قوله :﴿ ووقته بين صلاة العشاء وطلوع الفجر﴾ ....فاان اوتر ثم تهجد لم يندب له اعا دته بل لايصح لخبر :لاوتران في ليلة

8. Bagaimana hukum makan sebelum melakukan sholat I’ddain ?
Jawab : tafshil
Sunnah ketika idul fitri
Makruh ketika idul adha
Ref : minhajul qowwim juz 2 hal 86-87
ويسن الاكل والشرب ﴿ فيه ﴾ اي الفطر ﴿ قبلها ﴾ اي قبل الصلاة والا مساك في عيد الفطر للاتباع

9. Kapan waktu di sunnahkannya mengumandangkan takbiran ?
Jawab : tafshil.
- idul fitri ,mulai terbenamnya matahari akhir bulan ramadhan sampai takbirotul ikhromnya sholat ‘ied
- Idul adha , mulai subhuhnya hari arofah sampai akhir waktu asharnya akhir hari tasyrik  ﴾  13 dzul hijjah﴿
Ref : fathul qorib 167-168.
قوله : ﴿ ويكبر ﴾....وندبا كل من ذكر وانثي وحاضر ومسافر ...من ايام التشريق

10. Apakah khutbah dalam sholat I’ed yang di dirikan oleh jama’ah wanita tetap di Di sunnahkan ?
Jawab : tidak .kecuali yang menjadi khotib laki-laki
Ref : al bayjuri awwal hal 334.
قوله :﴿ويخطب﴾ ..... فلا خطبة لمنفرد ولا لجماعة النساء الا ان يخطب لهن ذكر

11. Kapan waktu yang utama untuk melakukan mandi jum ‘at ?
Jawab : ketika akan berangkat sholat jum’at
Ref : albayjuri awwal hal 118 .
فوله :﴿ووقته من الفجر الصادق ﴾ ....وتقريبه من ذهابه افضل لانه ابلغ في المقصود من انتفاء الرا ئحةالكريهةحا ل الاجماع  

12. Bolehkah musafir meninggalkan sholat jum’at ?
Jawab :  Boleh ketika berangkatnya sebelum fajar
Ref: al-bayjuri awwal hal 315.
فوله :﴿ ومسافر﴾ اىسفرا مباحا ولو قصيرا لاشتغاله باحوال السفر ....ويحرم علي من تلزمه الجمعة السفر بعد فجر يومه

13. Seseorang yang bepergian dengan tujuan berdagang ,tiba-tiba di tengah perjalanan melakukan maksiat ﴾ minum arak ﴿ ,bolehkah orang tersebut mengqosor sholat ?
Jawab : boleh
Ref : al bayjuri awwal hal 301.
قوله : غير معصية .....فا الشرط ان يكون السفر بسبب غير المعصية وان عصي فيه كما لو سفر لتجارةاوزيارة وعصي فيه  بزنا او شرب خمر مثلا ويمشي حينئذ عاصيا في السفر فيجوز له القصر 

14. Bolehkah mengqosor sholat maghrib ?
Jawab : tidak. Karena sholat yang boleh di qosor hanya sholat yan bilangannya 4 rokaat
Ref : fathul wahhab hal 81.
انما تقصر ربا عية مكتوبة   هي من زيا دتي﴿ مؤداة او فاءتة سفر قصر في سفر ﴾ بشروطه الا نية فلا تقصر صح ومغرب ومنذورة  ونافلة

15. perbolehkan mengqosor sholat ﴾ 2 marhalah  ﴿akan tetapi di  tempuh dengan waktu yang sangat singkat, seperti jarak Yogyakarta –jakarta dengan naik pesawat ?
Jawab : boleh . karena yang menjadi  ketentuan adalah jarak ,bukan waktu .
Ref : al –bayjuri  awwal hal 302
قوله : ﴿ ان تكون مسافته ا لخ ﴾ ولو قطع هذه المسافة في لحظة لكونه من اهل الخطوة سواء قطعها في بر او بجر....

16. Orang yang bertamasya ,apakah di perbolehkan mengqosor sholat ?
Jawab : tidak boleh .
Ref : al bayjuri awwal hal 300.
والرابع :  ان يكون سفره لغرض صحيح كزيا رة  وتجارة وحج لا مجرد التنزه  ورؤية البلاد فانه ليس من الغرض الصحيح لاءصل السفر بخللاف ما لو كان لمقصده طريقان طويل وقصير

17. Sebatas manakah keutamaan memakai sarung ?
Jawab : tafshil
Untuk laki-laki di sunnahkan setengah betis kaki apabila sampai mata kaki biper bolehkan tanpa ada kemekruhan
Untuk kaum hawa di sunnahkan 1dziro’ setelah telapak kaki ﴾ kurang lebih 48 cm ﴿
Ref : minhajul qowwim awwal hal 83 .
)قوله : ( واالسنة في الثوب والازار  ان يكون  الي نصف السا قين .ويجوز بلا كراهة الي الكعبين .والمرءة ارسال الثوب علي الارض الى ذراع

18. Seseorang telah mengerjakan sholat di kota A ,kemudian pergi ke kota B ,dan ternyata di mkota B baru masuk waktu sholat maghrib .bagaimana hukum sholat maghrib yang di kerjakan di kota A ?
Jawab : Wajib di ulangi
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 189 .
)قوله :( وهو غروب الشمس  .....ولوغربت الشمس على شخص في بلد فصلى المغرب فيه ثم سافر الى بلد اخرى فوجدالشمس لم تغرب فيه وجب عليه اعا دةالمغرب

19.  Sholat sunnah malam hari yang di lakukan sebelum tidur apakah bisa di namakan sholat tahajjud  ?
Jawab : Tidak .
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 201 .
(قوله :)صلاةاليل  .....واصطلاحا صلاة بعد فعل العشاء ولو مجموعة مع المغرب جمع تقديم وبعد نوم ولو كان النوم قبل العشاء

20. bagaimana hukum orang yang melakukan sholat dengan memakai pakaian ketat  ?
Jawab : Makruh
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 209 .
)قوله :( لون العورة  قدر الشارح لون ليفيد الاكتفاء بما يمنع اللون دون الجرم كاالسراويل الضيفة لكنه يكره 

21. Bagaimana hukum adzan dengan di lagukan  ?
    Jawab : makruh
    Ref : al-minhajul qowim hal 36 .
(ويكره  ) فيهما التطريب والتلخين وتفخيم الكلام والتشادق 

22. Semisal kita mengqodlo sholat Isya’pada siang hari /waktu sholat dhzuhur  .apakah kita di sunnahkan jahr ( mengeraskan suara  )
Jawab : tidak
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 167 .
)قوله :( وهو الصبح  ...والعبرة في الفريضة المقضية بوقت القضاء لا بوقت الاداء فيجهر في قضاء الظهر مثلا ليلا ويسر في قضاء العشاء مثلا نهرا

23. Semisal seseorang yang melakukan sholat ,setelah melakukan salam yang pertama orang tersebut hadast ,kemudian meneruskan salam yang kedua .bagaimana hukum sholatnya ,dan hukum salam yang kedua ?
Jawab : hukum sholatnya tidak batal dan salamnya haram
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 206 .
)قوله :( والحدث  ...ومحل بطلا نها بالحدث اذا كان قبل تسليمة الاولى اما اذا احدث بعدها ولو قبل التسليمة الثا نية فائه لا يضر

24. Ada seorang sedang sholat , ketika melakukan tahiyatul awwal orang tersebut terlanjur duduk tawaruk ,kemudian ia pindah duduk iftirosh .apakah perpindahan orang terrsebut dapat membatalkan sholat  ?
Jawab : Dapat membatalkan sholat ,apabila ketika berpindah jidatnya menyamai kedua lututnya atau seperti rukuknya orang yang sholat dengan duduk
Ref : Ia’natutholibin juz 1 hal 26 .
( و) تبطل ( بزيادة ركن فعلى عمدا ) .....ان ينحنى الجالس الى ان تحا ذى جبهته ما امام ركبتيه ولو لتحصيل توركه اوفتراش المندوب لان المبطل لان المبطل لا يغتفر المندوب 

25. Bagaimana hukum seorang wanita beradzan  ?
Jawab : makruh
Ref : al-muhadzab juz 1 hal 57 .
(فصل ) ولا يصح الاذان الا من مسلم ....ويكره المرءة تؤذ ن ويستحب لها ان تقيم

26. sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita ,bahwa sebelum sholat berjama’ah tepatnya di antara adzan dan iqomah membaca puji-pujian yang berisi doa bagaimana hukum membaca puji-pujian yang berisi doa tersebut  ?
Jawab : sunnah
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 240 .
)قوله :( الاذان.....ويسن الدعاء بينهما مخبر لايرد بين الاذان والاقامة واكده سؤالعافية فى الدنيا والاخرة

27. Bagaimana hukum adzan anak laki-laki yang belum tamyiz ?
Jawab : Tidak shah
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 239 .
)قوله : ( الاذان.....ويشترط فى الاذان والاقامة الاسلام والتمييز والترتيب والولاء بين كلما تهما

28. Apakah termasuk muschaf TV yang menampilkan ayat al Qur a’n  ?
Jawab : tidak termasuk muschaf
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 114 .( dalem )
)قوله :( وهو  اى المصحف وقوله اسم المكتوب من كلام الله بين الدفتين اى دفتي المصحف

29. Bagaimana hukum sholatnya seorang makmum yang membaca tasbih ketika imam lupa ( tanpa di niyati dzikir /mengingatkan imam )
Jawab : menurut qoul doloif tidak batal ,dan mnenurut qoul mu’tamad batal
Ref  :al-bayjuri juz 1 hal 174 .
)قوله : ( او اطلاق.....وقوله لم تبطل صلاته ضفيف والمعتمد انها تبطل فى صورة الاطلاق

30. Bagaimana hukum niat menjadi imam dalam sholat sendiri ?
Jawab : tafshil =
a. sunnat, apabila berharap ada makmum yang datang
b. tidak sunnat ,apabila tidak mengharapkan makmum
Ref : al-bayjuri juz 1hal 195 .
)قوله :( بل هي مستحبة.....وتستحب النةية المذ كورةوان لم يكن خلفه احد حيث رجا من يقتدى به والا فلا تستحب  

31. Bagaimana hukum menyentuh terjemahan al Qur an ( al-Qur an terjemah  ) bagi muhdist ( arang yang hadast ) ?
Jawab : Haram
Ref : al-bayjuri juz 1hal 33 .
)قوله :( اما بترجمة المصحف المكتوبة سطوره فلا تعطى حكم التفسير بل تبقى للمصحف حرم مسه وحمله

32. Bagiamana hukum sujudnya orang yang telapak jari kakinya tidak di tempelkan pada tempat sujud  ?
Jawab : hukumnya shah
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 153 .
)قوله :( مباشرة الخ...فيجب كشف الجبة ويسن كشف اليد والرجلين 

33. Sebatas manakah sarung yang berlubang tidak shah di pakai untuk sholat  ?
Jawab : Sebatas warna kulit dapat di lihat dalm majlis takhottub ( percakapan )
Ref : I’anatuthholibin juz 1 hal 134 .
)قوله : ( بما لا يصف لونا اى لون البشرة فى مجلس التخا طب .....مجلس التخا طب هو يقتدى ان ما منع فى مجلس التخاطب وكان بحيث لو تأمل النظر فيه مع زيادة

34. Sebatas mana masih di perbolehkan kembali berdiri untuk melakukan Qunut yang tertinggal karena lupa ?
Jawab : Sebelum melakukan  sujud dengan sempurna
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 186 .
)قوله :( مثلا  ........فان كان قبل التلبث به ولو بعد وضع الجبهة فقط او بعض الاعضاء اوقبل التحامل والتنكيس جاز له العود

35. Shahkah seorang wanita melakukan sholat jum ‘at ,dan apakah wajib mengulangi sholat dhuhur  ?
Jawab : Shah dan tidak wajib mengulangi sholat dhuhur
Ref :  al-bayjuri juz  hal 212 .
)قوله :(  ومريض ونحوه  واعلم ان كل من صحت ظهره فمن لا تلزمه جمعة تصح منه الجمعة وتغنيه عن ظهره

36. Bagaimna hukum mengqodlo sholat Ied  ?
Jawab : Di sunnahkan
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 225 .
)قوله : ( وقت صلاة عيدين....ويسن قضاءها اذا فاتت لانه يسن قضاءالنفل المؤقت ان خرج وقته

37. Apa perbedaan makruh tahrim dan makruh tanzih  ?
Jawab : makruh Tachrim yaitu ,apabila di lakukan mendapat dosa sedang makruh tanzih yaitu ,apabila di lakukan tidak mendapatkan dosa
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 282 .
)قوله :( تحريما  اى....والفرق بين كرا هة التحريم وكراهة التنزيه : ان الاول تقضى الاثم والثانية لا تقضيه

38. Bagaimana hukum melakukan dua adzan pada sholat jum ‘at  ?
Jawab : sunnat
Ref : I’anatuttholibin juz 1 hal  232 .
)قوله : (ويسن اذانان   لصبح واحد قبل الفجر واخر بعده فان قصر فالاولى بعده واذانان الجمعة احدهما بعد صعود الخطيب المنبر والاخر الذى قبله

39. Bagaiman hukum melakukan khutbah jum ‘at dengan meggunakan bahasa selain arab ? 
Jawab : Boleh kecuali ayat al qur’an
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 219 .
( قوله : ) ويشترط  .....ومحل اشتراط العربية ان كان فى القوم عربي والا كفى كونهما باالعجمية الا فى الاية فلا بد منها من العربية

40. Sudah berlaku di masyarakat bahwasanya pada malam hari raya idul fitri dan idul adha mengadakan takbir keliling di jalan raya .bagaimana hukum takbir keliling tersebut  ?
Jawab : Sunnah
Ref : al-bayjuri juz 1 Hal 332 .
( قوله :) ويكبر ندبا  كل من ذكر وانثى وحاضر وسافر فى المنازل والطرق والمساجد والاسواق من غروب الشمس

41. Bagaimana hukum meninggalkan takbir 7 kali pada rokaat awwal ketika sholat Ied  ?
Jawab : makruh
Ref : al-bayjuri juz hal 333 .
قوله :( ويكبر فى الركعة الالى ) قوله تركه لم يسجد للسهو وان كان تركه مكروها

42. Bagaimana hukum orang yang muqim menjamak sholat di karekan ada hajat  ?
Jawab : Boleh,apabila hajat tersebut tidak menjadi kebiasaan
Ref :kifayatul akhyar  hal 118 .
( فرع ) ....بل ذهب جماعة من العلماء الى جواز الجمع فى الحضر للحاجة امن لايتخذه عادة

43. Orang yang profesinya menjadi sopir jarak jauh ,apkah di berbolehkan menjamak atau mengqohsor sholatnya ?
Jawab : Boleh, akan tetapi yang lebih utama menyempurnakan sholatnya
Ref : al-bayjuri juz 1 hal 201 .
قوله :( ويجوز الخ ).....ومن يديم السفر مطللا قا كاالساعى فان الاتمام افضل له خروجا لمن اوجبه كالامام احمد رضى الله عنه

Sumber : Kajian Musyawaroh Fiqh Siswi Fatchul Mu’in Awwal APIP 2 Tegalrejo Magelang
Baca juga Ini :
50 Jawaban | Bahsul Masail Mengenai Thoharoh 

1 komentar:

  1. Soal Dan Jawaban >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Soal Dan Jawaban >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Soal Dan Jawaban >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..