Beranda Bisnis Online Syair Imam Syafii Cerpen Blogger Cirebon Youtube

Sejarah Masuknya Islam di China

 
Diperkirakan agama Islam masuk ke Cina pada abad ke-l0 M yaitu pada masa pemerintahan dinasti Shang (618 - 907 M). Agama Islam masuk ke negeri China melalui jalur perdagangan darat dan laut, yang disebut "jalur sutra". Para pedagang yang berasal dari Arab selain untuk berdagang, mereka juga menyebarkan agama Islam. Oleh karena itu, mereka sering disebut nama Hui-hui. Agama Islam disebut dengan Hui-hui Chew atau Tsing Ching Chew, yang berarti agama yang suci.

Orang yang pertama kali menyebarkan agama Islam di Cina adalah Saad ibn Abi Waqqash yang meletakkan batu perlama pembangunan mesjid Kanton, yang terkenal sebagai Wai Shin zi, yakni mesjid untuk kenangan kepada Nabi. Dalam berita Cina yang dilulis oleh Lui Tshich pada abad ke-18 Menyebutkan bahwa ketika Saad ibn Abi Waqqash kembali keArabia setelah lama menetap di Kanton, Khialifah Usman mengirimnya kembali sebagai utusan kepada kaisar Tiongkok. Akan tetapi Ia sendiri tidak sempat kembali ke Arab, karena Ia meninggal di Kanton. Dan kuburannya hingga kini terawat dengan baik. 

Ketika Khalifah Al-Manshur dari dinasti AbbasiYah berkuasa di Bagdad, kerajaan Hasuan Tse Theung di Cina meminta bantuan kepada khalifah untuk memerangi pemberontak. Permintaan itu dikabulkan. Khalifah mengirim sekitar 4000 tentara untuk membantu kerajaan tersebut Pasukan, hingga mendapatkan kemenagan yang tak sia-sia karena berhasil merebut beberapa kota penting di Cina. Di antara tentara itu ada yang kembali ke Bagdad, dan ada pula yang menetap tinggal di Cina. Setelah menetap di Cina mereka menyebarkan ajaran Islam dan menikah dengan wanita-wanitla setempat. 

Melalui cara seperti itulah atara lain agama Islam berkembang di Cina. Sebab dari anak cucu mereka diharapkan lahir pemimpin-pemimpin Islam terkemuka dikemudian hari. Diperkirakan jumlah penduduk muslim di Cina sekitar 20 juta lebih atau 2% dari penduduk china yang ada pada tahun 1996, saat ini Islam terus berkembang di negeri cina tersebut.
Demikian sejarah Masuknya Islam di China secara singkat, baca juga artikel yang berkaitan dengan penyebaran islam lainnya dibawah ini, 

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung di blog Rojay Creative.. Silahkan Tinggalkan Komentar..